Laman

Monday, June 17, 2013

5 Gunung paling tinggi di Indonesia

Ini adalah artikel pertama saya yang coba saya tuliskan walaupun ada sedikit copy sana copy sini. Yaitu 5 gunung paling tinggi di Indonesia.




1. Puncak Jaya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMrnxxh1d3NNyDidnteLbU37j_gomKN0qm8PxHTxYUR4z81xGKGycQXVeRSeeDHHzkykTRV37j0Lb-kawFnBbNY4N0ZZDsyzMkbvJsiQSthZO9SQft295Qs11HJNT4Bv3FTBjuCqHn650/s400/carstensz_midl_peak.JPG
     Ketinggian Puncak Jaya adalah 4884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstenz, satu-satunya gletsertropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno dan merupakan gunung yang tertinggi di Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.
2. Puncak Mandala

     Puncak Ini pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.
3. Puncak Trikora

     Puncak Trikora mempunyai ketinggian setinggi 4,751 meter, menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop (Puncak Wilhelmina).
4. Puncak Idenberg

     Puncak Idenberg mempunyai ketinggian 4.673 M.dpl. Puncak ini termasuk sulit untuk ditaklukkan para pendaki. Selain Idenberg, punjak ini juga sering disebut Puncak Merah-Putih.
5. Puncak Yamin

Dengan ketinggian 4.535 M.dpl menjadikanya sebagai gunung tertinggi ke-5 di Indonesia

No comments:

Post a Comment